Monday, 16 January 2012

Kiat Esemka Mobil Hasil Ciptaan Anak Indonesia

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia telah berhasil merakit mobil buatan dalam negeri. Siswa-siswa dari SMK 2 Surakarta dan ... thumbnail 1 summary



Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia telah berhasil merakit mobil buatan dalam negeri. Siswa-siswa dari SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta berhasil memproduksi mobil 'Kiat Esemka'berjenis SUV (Sport Utility Vehicle).

Tidak sulit untuk menemukan lokasi pusat pembuatan mobil Kiat Esemka ini. Yakni, di pinggir Jalan Raya Solo-Jogja Km 4, Ngaran, Klaten, Jawa Tengah. Papan nama bengkel tersebut terpampang jelas dan berukuran cukup besar, sehingga mudah ditemukan.


Ini merupakan satu-satunya kebanggaan anak bangsa dalam mencipta sebuah karya dan melambungkan cita-citanya sebagai Mobil Nasional. Bagaimana tidak, selama ini Orang Indonesia terlalu lelap mengkonsumsi produk-produk asing.

Terkait dengan kualitas dari Kiat Esemka, mereka mengklaim berani bersaing dengan mobil keluaran pabrik. Bahkan, pernah dilakukan test drive mobil tersebut dengan jarak Jakarta sampai "Surabaya. Bahan bakarnya yang digunakan premium dengan perbandingan 1 liter : 12 kilometer, sedangkan isi silinder 1.500 cc.

Untuk harga, Kiat Esemka jauh lebih terjangkau jika dibanding mobil keluaran pabrik. Untuk satu unit Kiat Esemka hanya diharga Rp 95 juta.

Spesifikasi dari Esemka:

Daya tampung
Daya tampung Esemka 7 penumpang. Dari ukuran bodi Esemka Rajawali memiliki panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm. 

Desain bodi
Bodi Esemka memang masih terlihat kaku dan tidak dipungkiri beberapa bagian eksterior SUV Esemka masih banyak mencomot desain mobil yang beredar di tanah air. Namun jika berbicara ide, pemikiran anak SMK tersebut cukup menarik lewat SUV Esemka.
Hasilnya para anak SMK berhasil menciptakan sebuah mobil SUV.

Mesin
Esemka menggunakan mesin 1.500 cc SOHC 4 silinder dan sistem bahan bakar injeksi, ESEMKA dapat memproduksi tenaga hingga 105 HP (tenaga kuda) pada putaran mesin 5.500 rpm. Mesin tersebut menggerakkan roda belakang.

Fitur keselamatan dan hiburan
Dan tak kalah menarik Esemka sudah terdapat fitur elektronik mirip SUV lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player.

Harga 
Soalnya harga, SUV Esemka tak kalah menarik. Sebab dengan fitur segudang, SUV Esemka hanya dibanderol Rp 90 juta. 

Keberhasilan siswa SMK ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Mobil Kiat Esemka telah dipakai oleh Walikota Solo, Joko Widodo alias Jokowi sebagai mobil dinasnya. Menggantikan Toyota Camry yang selama ini digunakannya.

Jokowi menyatakan mobil yang menggunakan 80 persen komponen lokal ini tak kalah dari mobil buatan Jepang dan Eropa. Dia bertekat untuk mempromosikan mobil buatan siswa-siswa SMK ini.

Selain mobil ESEMKA, ada satu produk lagi yang ternyata sedang coba diciptakan oleh para siswa SMK, yaitu komputer laptop. 

Sama seperti halnya mobil ESEMKA yang 80 persen menggunakan bahan-bahan dari lokal, laptop ESEMKA juga akan diupayakan menggunakan komponen lokal.

Tetap semangat... Maju terus Indonesia...





No comments

Post a Comment

Adsense

Ayeesha Hijab. Menjual Busana Muslimah. Kunjungi Kami di Instagram @ayeesha.hijab